Latest News

Friday, March 8, 2013

Pertama Kali dalam Sejarah, Paus Mundur dengan Helikopter


Foto : Helikopter yang mengangkut Paus (IF3)

Foto : Helikopter yang mengangkut Paus (IF3)

 VATIKAN – Paus Benediktus menjadi paus pertama dalam 600 tahun yang mundur. Benediktus juga menjari paus pertama yang menggunakan kendaraan berupa helikopter ketika mengundurkan diri.

Di hari terakhirnya, Paus Benediktus sempat berpamitan dengan para bawahannya. Para bawahan paus pun tidak dapat menahan rasa harunya, sebagian dari mereka bahkan ada yang menangis meratapi kepergian sang paus.

“Saya harap rekan-rekan saya di Vatikan terus dapat bekerja dengan harmonis walaupun memiliki pemikiran yang berbeda-beda,” ujar Paus dalam salah satu pesan terakhirnya, seperti dikutip Associated Press, Jumat (1/3/2013).

Paus kemudian berangkat menuju landasan helikopter yang terletak di wilayah perbukitan di Vatikan. Perjalanan helikopter dari Vatikan menuju Kastil Gandolfo disebutkan hanya memakan waktu selama 15 menit saja.

Sebelumnya helikopter Paus sempat beberapa kali memutari wilayah Vatikan sebelum akhirnya pergi menuju Kastil Gandolfo. Pihak Vatikan pun membunyikan lonceng untuk menandakan kepergian sang paus.

Proses pemilihan paus yang baru sendiri direncanakan akan dimulai pada Senin (4/3/2013) depan. Dalam audiensinya yang terkahir, Paus Benediktus menyatakan dirinya akan mematuhi pemerintahan paus yang nantinya terpilih.

Paus berencana untuk hidup jauh dari perhatian publik selama masa pensiunnya. Ia akan menghabiskan waktunya untuk berdoa untuk kepentingan gereja Katolik.

No comments:

Post a Comment

Tags