Latest News

Friday, March 8, 2013

"Saya Adalah Peziarah yang Memulai Perjalanan Terakhir di Bumi"

Foto : Paus Benediktus XVI (Reuters)
Foto : Paus Benediktus XVI (Reuters)

ROMA - Paus Benediktus mengakhiri masa jabatannya sebagai Pemimpin Gereja Katolik dan mengucapkan janji setianya pada penerusnya. Pria bernama Joseph Ratzinger itupun mengucapkan terima kasih dan mengatakan bahwa dirinya adalah peziarah yang akan memulai petualangan terakhirnya di bumi.

"Terima kasih atas cinta dan dukungan kalian. Semoga kalian selalu merasakan kebahagiaan yang datang ketika kalian menempatkan Kristus di tengah kehidupan," ujarnya, seperti dikutip Reuters, Jumat (1/3/2013).

"Saya akan menjadi seorang peziarah biasa yang memulai perjalanan terakhir di bumi ini. Namun saya tetap ingin mengucapkan terima kasih, dengan cinta, dengan doa saya, dengan refleksi saya, dan dengan seluruh tenaga saya. Saya merasa sangat terdukung dengan simpati kalian," imbuhnya.

Lonceng berbunyi dari Basilika Santo Petrus dan seluruh gereja di Roma. Bersamaan dengan itu, helikopter yang menjemput Paus Benediktus terbang mengitari Vatikan. 

Tak lupa, Paus Benediktus juga mengucapkan selamat tinggal pada biarawan dan biarawati, staf Vatikan, dan pasukan Garda Swiss di Lapangan San Damaso. Banyak staf-staf Vatikan yang terharu melihat kepergian Benediktus.

Pada Kamis pukul 20.00 waktu setempat, Vatikan resmo memasuki periode "Sede Vacante." Para pasukan Garda Swiss menarik diri dan tidak akan kembali ke kediaman paus sebelum paus baru ditunjuk.

Para Kardinal akan melakukan pertemuan pertamanya pada hari ini untuk membahas penunjukan paus. Namun hasil dari penunjukan itu tidak akan muncul dalam waktu cepat. Pemilihan paus secara resmi akan digelar pada pertengahan Maret mendatang.

Beberapa orang kardinal yang dinilai menjadi kandidat kuat paus antara lain adalah Kardinal Peter Turkson dari Ghana, Kardinal Odilo Scherer dari Brasil, Kardinal Marc Ouellet dari Kanada, Kardinal Angelo Scola dari Italia, dan Kardinal Timothy Dolan dari Amerika Serikat (AS). Meski demikian, Vatikan tidak mengumumkan secara terbuka mengenai pencalonan itu.

Ratzinger yang baru saja meninggalkan jabatannya sebagai Pemimpin Gereja Katolik, mengucapkan janjinya untuk setia dengan paus selanjutnya. Pria berusia 85 tahun itu juga berpesan pada pejabat-pejabat tinggi Vatikan agar tetap kompak dan mendukung paus baru.

No comments:

Post a Comment

Tags