Latest News

Monday, May 20, 2013

Baptis Bayi : Sebaiknya Kapan Dan Apa Saja Syaratnya ?

baptisan-anak

Baptis Bayi : Sebaiknya Kapan Dan Apa Saja Syaratnya ?


Romo, saya ingin bertanya,

1. Usia berapa seorang bayi boleh dibaptis dalam gereja Katolik?
2. Syarat baptis bayi apa saja?
Demikian pertanyaan saya, terima kasih.
Berkah Dalem
Romo Victor Menjawab :
Billy yang baik,
1. Gereja St. Arnoldus sama seperti Gereja-Gereja Katolik lainnya, setiap hari Minggu terakhir dalam bulan selalu mengadakan upacara Baptis Antuta (baptis untuk anak dibawa usia 7 tahun). Artinya, setiap anak yang berusia di bawah 7 tahun, boleh dibaptis.
2. Syarat baptisan bayi:
a. Prinsip pokok: adanya jaminan pendidikan iman Katolik bagi anak. Untuk itu yang perlu diperhatikan: (1) orang tuanya [salah satu atau keduanya]sudah Katolik, [2] Orang tuanya [salah seorang atau keduanya] rajin mengikuti kegiatan rohani di lingkungan atau ke Gereja, [3] Perkawinan kedua orangtuanya sudah diberkati di Gereja Katolik
b. Syarat-syarat yang memperlihatkan pendidikan / keteladanan iman Katolik dari orangtua si anak ini bisa diabaikan apabila anak tersebut diasuh atau tinggal bersama pihak lain yang mampu menjamin pendidikan iman Katolik bagi anak, misalnya: diasuh kakek / neneknya yang Katolik, diangkat sebagai anak oleh keluarga Katolik lain, diasuh oleh suster di asrama Katolik, dan sebagainya.
c. Persyaratan administratif lainnya yang diperlukan adalah menunjukkan Surat Baptis orangtua dan Surat Nikah Gereja Katolik dan rekomendasi dari ketua lingkungan
d. Para orangtua calon permandian diwajibkan mengikuti kursus persiapan bagi orangtua sebelum upacara permandia diadakan.

Source : parokiarnoldus.net

No comments:

Post a Comment

Tags