BUDDHISME DI MATA PARA INTELEKTUAL
Daftar Isi Agama Buddha di Mata Para Intelektual Dunia
Pengantar Penyusun
BAB 1 : SANG BUDDHA
BAB 2 : AGAMA BUDDHA BAB 3 : MORALITAS
BAB 4 : TOLERANSI – KEDAMAIAN – CINTA KASIH
BAB 5 : KEDUDUKAN MANUSIA DALAM AGAMA BUDDHA
BAB 6 : JIWA / ROH
BAB 7 : AGAMA BUDDHA DAN ILMU PENGETAHUAN
BAB 8 : NIBBANA
BAB 9 : KEPERCAYAAN
BAB 10 : AGAMA BUDDHA DAN AGAMA – AGAMA LAINNYA
BAB 11: DUNIA DAN ALAMSEMESTA
Pengantar Penyusun
..
Buddhisme merupakan sebuah agama besar yang menerangi umat manusia
lebih dari dua puluh lima abad yang lalu dan membebaskannya dari segala
perbudakan dan praktik – praktik ketakhyulan. Buddhisme adalah suatu
agama yang bersifat ilmiah. Buddha Gotama dewasa ini dipuja oleh setiap
orang yang berbudaya dan berintelek, tidak peduli agama apapun yang
mereka anut, sementara penemu sebagian besar agama lainnya hanya dipuja
oleh para pengikutnya saja. Bukan hanya mereka – mereka yang menganut
agama – agama tertentu, akan tetapi para pemikir bebas pun memuja Yang
Telah Mencapai Pencerahan Sempurna junjungan dunia ini. Dari kaca mata
sejarah, tiada Guru lainnya yang pernah hidup di dunia ini yang telah
memberikan begitu besar kebebasan religius dan juga hak menentukan
keyakinan bagi umat manusia. Sebelum munculnya Sang Buddha, agama hanya
dimiliki dan dimonopoli oleh suatu kelompok tertentu dari masyarakat.
Sang Buddha adalah Guru dalam sejarah yang membuka pintu gerbang agama
bagi setiap orang di masyarakat dengan tanpa membeda – bedakan atau
diskriminasi.
Sang Buddha telah menasihati siswa –
siswaNya untuk melatih dan mengembangkan kekuatan laten manusia serta
menunjukan bagaimana cara terbaik untuk menggunakan kekuatan – kekuatan
dan kecerdasannya tanpa harus menjadi budak / hamba dari suatu mahluk
yang tak dikenal, untuk mendapatkan suatu kebahagiaan abadi yang Beliau
umumkan kepada dunia melalui pengalamanNya sendiri dan bukan melalui
teori – teori, kepercayaan – kepercayaan maupun praktik – praktik
tradisional. AjaranNya adalah sedemikian rupa sehingga siapa saja dapat
mempraktikannya tanpa menyandang merek agama tertentu.
Untuk menyusun buku ini, saya telah menyeleksi berbagai pernyataan yang
dibuat oleh para filsuf, sarjana, sejarawan, ilmuwan, penulis, pemuka
agama, reformis sosial dan politisi yang terkenal bagi dunia modern ini
sebagai orang – orang yang sangat intelek. Di antara mereka banyak
terdapat orang – orang non-Buddhis serta para pemikir bebas. Menurut
mereka, Buddhisme adalah agama yang palingpraktis dan rasional yang akan
menarik perhatian ilmu pengetahuan dan yang sungguh – sungguh dapat
merupakan suatu pelajaran yang lebih baik bagi manusia jika para
penganutnya mempraktikkan agama dengan semestinya.
Oleh
karena itu, adalah suatu kegembiraan yang besar bagi saya dapat
mempersembahkan kutipan – kutipan berharga yang disarikan dari berbagai
buku dan artikel. Apapun pendapat mereka yang telah menempatkan
Buddhisme pada tempat teratas di bidang agama, penyusun buku ini tidak
bermaksud untuk mengecilkan arti kepercayaan agama lainnya, karena ide
penerbitan ini tidaklah untuk menunjukkan superioritas agama Buddha
terhadap agama –agama lainnya, tapi sebaliknya untuk menggambarkan
pandangan – pandangan dengan tanpa memihak yang dikemukakan oleh
berbagai kalangan intelektual.
Seluruh judul dari pernyataan – pernyataan di dalam buku ini adalah diberikan oleh penyusun.
Penyusun :
K. Sri Dhammananda
25-11-1992 ( B.E.2536 )
BAB 1
Sang Buddha
Kebesaran Sang Buddha
..
Saya sendiri tidak dapat merasakan bahwasanya, baik dalam hal
kebijaksanaan maupun dalam hal kebajikan, Kristus berdiri sama tinggi
dengan sejumlah orang lainnya yang dikenal sejarah –saya pikir saya
semestinya menempatkan Sang Buddha di atas Kristus dalam kedua hal
tersebut.
--(Bertrand Russell, “Why I am not a Christian”)
Perwujudan Kebajikan
..
Sang Buddha merupakan perwujudan dari seluruh kebajikan yang telah
Beliau babarkan. Selama 45 tahun pembabaran DhammaNya yang sukses dan
diwarnai berbagai peristiwa, Beliau menerjemahkan semua kata – kataNya
ke dalam tindakan nyata; dan tiada celah sedikit pun yang disediakan
bagi munculnya bebagai nafsu keinginan rendah. Aturan kemoralan dari
Sang Buddha adalah yang paling sempurna yang pernah dikenal oleh dunia.
--(Prof. Max Muller, sarjana Jerman)
Bunga Pohon Kemanusiaan
..
Inilah sang bunga yang tumbuh pada pohon kemanusiaan kita, Yang
bermekaran beribu – ribu tahun, dan merekahnya, memenuhi dunia dengan
harumnya kebijaksanaan dan tetesan madu cinta kasih.
--(Sir Edwin Arnold, “Light Of Asia”)
Sang Buddha Lebih Bersesuaian Dengan Kita
..
Anda melihat dengan jelas seorang manusia, sederhana, penuh bakti,
menyendiri, berjuang untuk mencapai pencerahan, suatu pribadi manusia
yang begitu hidup, bukan suatu mitos. Di dalam aneka ragam kisah yang
menakjubkan, saya merasa bahwa disana juga terdapat seorang manusia.
Beliau juga, menyampaikan suatu pesan yang bersifat universal dalam
karakter kepada umat manusia. Banyak ide modern terbaik kita yang sangat
bersesuaian dengan pesannya itu. Ia mengajarkan bahwa semua
kesengsaraan dan ketidakpuasan hidup adalah disebabkan oleh sifat
mementingkan diri sendiri. Sifat ini mempunyai tiga bentuk --pertama,
keinginan untuk memuaskan kelima indera; kedua, keinginan untuk hidup
selamanya; dan ketiga, keinginan untuk memperoleh kemakmuran dan
kenikmatan duniawi. Sebelum seseorang dapat menjadi tenang dan damai, ia
harus menghentikan hidup demi memuaskan indera – inderanya atau dirinya
sendiri.
Setelah itu ia lebur menjadi suatu mahluk
agung. Sang Buddha lima ratus tahun sebelum Kristus lahir, dengan bahasa
yang berbeda mengajarkan bersesuaian dengan kita dan kebutuhan –
kebutuhan kita. Sang Buddha lebih nyata dan mudah dipahami daripada
Kristus, perihal dengan pentingnya diri kita dalam pelayanan, serta
perihal mengurangi keraguan atas pertanyaan tentang pribadi yang kekal /
roh abadi.
--(HG. Wells)
Manusia Termulia
..
Bila
anda ingin menjumpai seorang manusia yang paling mulia, tengoklah
seorang raja dalam pakaian pengemis; Dialah orang yang paling suci di
antara manusia.
--( Abdul Atahiya, Seorang Penyair Muslim)
Metode Sang Buddha
..
Jika suatu pertanyaan harus dipertimbangkan, ia harus dipertimbangkan
dengan tenang dan demokratis seperti cara yang diajarkan oleh Sang
Buddha.
--(Nehru)
Orang gila dan Orang Waras
..
Perbedaan antara seorang Buddha dengan seorang biasa ialah seperti perbedaan antara orang waras dengan orang gila.
--(Seorang penulis)
Pujian Bagi Sang Buddha
..
Sang Buddha dengan mudah dipilih sebagai satu – satunya orang yang
dikenal oleh manusia yang menerima pujian dari begitu banyak umat
manusia.
--(Prof. Saunders, Literary secretary YMCA, India, Myanmar, Ceylon)
Pesan Sang Buddha
Sang Buddha merupakan sesuatu yang lebih hebat / besar daripada segala
doktrin maupun dogma, dan pesan abadiNya telah menggetarkan umat manusia
sepanjang masa. Barangkali pesanNya tentang perdamaian lebih dibutuhkan
bagi umat manusia yang sengsara dan kacau sekarang ini, daripada pada
masa sejarah yang lampau.
--(Nehru)
Sangkalan dari Sang Buddha
..
Jika misalnya kita bertanya, apakah posisi elektron itu tetap sama,
kita harus mengatakan ‘tidak’; bila kita bertanya apakah posisi electron
itu berubah bersama waktu, kita harus mengatakan ‘tidak’; jika kita
bertanya apakah ia dalam keadaan bergerak, kita harus mengatakan
“tidak”. Sang Buddha telah memberikan jawaban yang serupa ketika ditanya
tentang keadaan diri / jiwa seseorang setelah ia mati; akan tetapi
jawaban tersebut tidak dikenal oleh tradisi sains abad ketujuh belas dan
kedelapan belas.
--(J.Robert Oppenheimer)
Kita Terkesan oleh Semangat RasionalitasNya
..
Ketika kita membaca khotbah – khotbahNya, kita terkesan oleh semangat
rasionalitasNya. Jalan etika Sang Buddha yang pertama ialah pandangan /
pengertian benar, suatu pandangan yang rasional. Beliau berusaha
menyingkirkan segala perangkap yang merintangi pandangan / penglihatan
manusia terhadap dirinya serta nasibnya.
--(Dr. S. Radhakrishnan, “Gautama The Buddha”)
Kepala Dingin dan Hati Penuh Kasih
..
Hal yang paling menarik perhatian dari Sang Buddha adalah perpaduan
yang unik dari suatu kepala dingin yang ilmiah dan suatu hati yang
hangat penuh cinta kasih dan rasa simpati yang dalam. Dunia dewasa ini
semakin dan semakin berpaling kepada Sang Buddha karena Beliau sendiri
menggambarkan suara hati dari umat manusia.
--(Moni Bagghee, “Our Buddha”)
Jenius Filosofis
..
Sang Buddha adalah seorang pelopor yang mencintai umat manusia, dan
suatu kejeniusan filosofis mengalir ke dalam suatu kepribadian yang
penuh semangat dan bercahaya. Ia memiliki sesuatu untuk disampaikan
yaitu bahwa tiada pria atau wanita, setelah 2500 tahun hilir mudik
bersibuk diri dan berceloteh tentang sumber pengetahuan, dapat menghalau
kebodohan. Yang lebih besar dari kebijaksanaanNya, barangkali, adalah
keteladanan yang dilakoniNya.
--(Moni Bagghee, “Our Buddha”)
Ia tidak berbicara tentang "dosa"
..
Ketenangan batin dan cinta kepada semua makhluk sangat ditekankan oleh
Sang Buddha. Ia tidak berbicara tentang "dosa", tapi hanyalah tentang
ketidaktahuan dan kebodohan yang dapat dilenyapkan dengan pencerahan dan
simpati.
--(Dr. S. Radhakrishnan, “Gautama The Buddha”)
Sang Buddha Laksana seorang Dokter
..
Sang Buddha adalah mirip seorang dokter. Sama halnya seperti seorang
dokter yang harus mengetahui diagnosa dari berbagai jenis penyakit,
sebab – sebabnya, obatnya dan penyembuhannya, serta harus mampu
mengaplikasikannya; demikian pula halnya Sang Buddha telah mengajarkan
Empat Kesunyataan Mulia yang menunjukkan derita, sumbernya, akhir
derita, serta jalan menuju akhir derita.
--(Dr. Edward Conze, “Buddhism”)
Sang Buddha untuk Semua Umat manusia
..
Sang Buddha bukanlah merupakan milik umat Buddha saja. Beliau adalah
milik semua umat manusia. AjaranNya adalah umum untuk setiap orang.
Setiap agama yang muncul sesudah masa Sang Buddha, telah meminjam banyak
ide – ide bijak dari Beliau.
--(Seorang Sarjana Muslim)
Seorang Ayah yang Bijak
Sang Buddha adalah seseorang yang melihat anak – anaknya sedang bermain
– main menikmati api kesenangan duniawi, dan menggunakan berbagai cara
yang bijaksana untuk membawa mereka ke luar dari rumah yang sedang
terbakar ini serta menuntun mereka ke tempat yang aman, Nibbana.
--(Prof. Lakshimi Narasu, “The Essense of Buddhism”)
Buddha adalah Sang Jalan
..
Saya semakin dan semakin merasakan bahwa Sakyamuni adalah yang paling
serasi, baik dalam karakter maupun pengaruh dalam diriNya, Ia yang
merupakan Sang Jalan, Sang Kebenaran, dan Sang Kehidupan.
--(Bishop Milman)
Sang Mentari yang Cemerlang
..
Di dunia yang penuh badai dan pertengkaran, kebencian dan kekerasan,
pesan Sang Buddha bersinar laksana sang mentari nan cemerlang.
Barangkali pesan tersebut tak pernah lebih dibutuhkan daripada di dunia
zaman bom Atom dan Hidrogen ini. Dua ribu lima ratus tahun adalah semata
– mata telah menambah vitalitas dan kebenaran dari pesan tersebut.
Marilah kita mengingat pesan abadi itu dan mencoba membentuk pikiran –
pikiran dan perbuatan – perbuatan kita di dalam terangnya ajaran
tersebut. Kita bahkan mungkin dapat menghadapi dengan batinyang penuh
keseimbangan, teror – teror dari zaman bom Atom ini dan menolong
beberapa orang dalam mengembangkan pikiran benar dan perbuatan benar.
--(Nehru)
Manusia Terbesar Yang Pernah Lahir
..
Inilah suatu ajaran yang dapat kita ikuti dengan penuh keyakinan. Dalam
dunia aneka ragam agama, pemujaan – pemujaan serta kepercayaan –
kepercayaan, di manakah dapat kita temukan seorang guru yang demikian
sempurna? Di antara taburan bintang – bintang, Beliau adalah sebuah
raksasa dari rangkaian yang terbesar. Tidak begitu mengherankan
bahwasanya para ilmuwan, filsuf, dan para sastrawan telah
memproklamasikannya sebagai “manusia terbesar yang pernah lahir”. Cahaya
dari guru besar ini menembus dunia yang penuh derita dan kegelapan,
laksana cahaya mercusuar yang menuntun dan menerangi umat manusia.
--(Seorang Penulis Eropa)
BAB 2
Buddhisme
Ajaran Dasar dari Sang Buddha
..
Kelembutan, ketenangan, belas kasih, dengan pembebasan dari kemelekatan
dan keakuan –inilah ajaran dasar dari agama besar dari Timur,
Buddhisme.
--(E.A. Burtt, “The Compassionate Buddha”)
Jembatan yang Kokoh
..
Buddha Dharma laksana sebuah jembatan yang dibangun kokoh dari baja
fleksibel, ia hanya sedikit memberi pengaruh terhadap angin dan air, ia
menyesuaikan diri terhadap keadaan – keadaan yang berubah, tapi pada
saat yang sama ia memiliki pondasi – pondasi yang aman dan menawarkan
suatu jalan aman menuju ke Alam Tanpa – Kematian, ke Nibbana.
--(Phra Khantipalo, “Tolerance”)
Membangunkan Nurani Manusia
..
Memang dunia Timur yang misterius, ibu yang subur dari agama – agama,
telah memberikan kita melalui Buddhisme suatu penyingkapan (dari rahasia
semesta) yang sejati, karena ia memberitahukan kita tentang keindahan
dan kesucian moral, yang terbaring jauh di dalam sifat manusia yang
tidak memerlukan makhluk (dewa) lainnya selain yang ada dalam nurani
manusia untuk membangunkannya menuju kemulia-an hidup.
--(Charles T. Gorham)
Tidak Ada yang Melebihi Agama Buddha
..
Sebagai umat Buddha atau bukan umat Buddha, saya telah memeriksa setiap
sistem agama – agama besar di dunia ini, dan tidak ada sesuatu pun di
dalam agama – agama itu saya temukan yang melebihi, keindahan dan
kesempurnaan dari Jalan Mulia Berunsur Delapan serta Empat Kesunyataan
Mulia dari Sang Buddha. Saya merasa puas menyesuaikan kehidupan saya
menurut jalan tersebut.
--(Prof. Rhys Davids)
Buddhisme Tidak Menuntun kita ke Surga Orang Dungu
..
Buddhisme adalah agama yang realistis, karena ia menganut suatu
pandangan yang realistis tentang kehidupan dan dunia ini. Ia tidak
secara salah menarik kita untuk hidup ke dalam surga seorang dungu, pun
ia tidak menakut – nakuti dan menyiksa kita dengan segala macam rasa
takut dan rasa dosa yang khayal. Ia secara tepat dan obyektif menyatakan
siapa / apa sesungguhnya diri kita dan dunia di sekeliling kita, serta
menunjukkan kita jalan menuju kebebasan, kedamaian, ketenangan, dan
kebahagiaan yang sempurna.
--(Ven. Dr. W. Rahula)
Misi Sang Buddha
..
Misi Sang Buddha benar – benar unik dalam sifatnya, karena itu ia
berdiri jauh terpisah dari banyak agama – agama lainnya di dunia.
Misinya adalah untuk menggiring burung – burung idealisme yang sedang
terbang melayang di angkasa untuk lebih mendekat ke bumi karena makanan
bagi tubuh – tubuh mereka adalah milik sang bumi.
--(Hazrat Inayat Khan, “The Sufi Message”)
Suatu Agama Kosmis
..
Agama masa depan akan merupakan suatu agama kosmis. Ia harus melampaui
suatu ‘Tuhan yang berpribadi’ dan menghindari dogma – dogma dan teologi.
Meliputi baik hal yang bersifat natural maupun spiritual, ia harus
berdasarkan pada pengertian religius yang timbul dari pengalaman
berbagai hal, yang natural dan spiritual, sebagai suatu kesatuan yang
berarti. Buddhisme memenuhi penjabaran ini.
--(Albert Einstein)
Agama Buddha Tetap Tidak Akan Terpengaruh
..
Dokrin Buddha Dhamma yang ada dewasa ini tidak terpengaruh oleh
perjalanan waktu dan perkembangan ilmu pengetahuan, dan masih tetap
seperti ketika petama kali Ia ucapkan. Tidak peduli seberapa jauh
pengetahuan ilmiah dapat memperluas cakrawala mental seseorang, di dalam
kerangka kerja Dhamma terdapatlah ruang untuk penerimaan dan asimilasi
terhadap penemuan yang lebih jauh / baru. Ia tidak bergantung kepada
konsep – konsep terbatas dari pikiran – pikiran yang primitif / kuno
juga tidak pada kekuatan pikiran yang negatif.
--(Francis story, “Buddhisme as World Religion”)
Agama yang Gembira / Ceria
..
Buddhisme sama sekali bertentangan dengan sikap mental yang murung,
sendu, penuh penyesalan, dan pesimis, yang dipandang sebagai perintang
menuju perealisasian Kebenaran. Sebaliknya, menarik sekali untuk diingat
di sini bahwa kegembiraan merupakan salah satu dari tujuh “Faktor
Pencerahan”, kualitas penting yang harus dikembangkan untuk
perealisasian Nibbana.
--(Ven. Dr. W. Rahula, “What the Buddha Taught”)
Tantangan bagi Agama– agama Lainnya
..
Memang benar bahwa Buddhisme seperti yang kita temukan benar – benar
tercatat, bukanlah merupakan suatu sistem hipotesis kuno, yang masih
tetap merupakan tantangan bagi agama – agama lainnya.
--(Bishop Gore, “Buddha and the Christ”)
Tidak ada Asumsi dalam Agama Buddha
..
Adalah suatu kemuliaan dari Buddhisme bahwasanya ia menjadikan
pencerahan intelektual sebagai syarat utama dari keselamatan. Dalam
Buddhisme, moralitas dan pencerahan intelektual adalah tak terpisahkan
satu dengan yang lainnya. Moralitas adalah membentuk dasar bagi
kehidupan yang lebih tinggi, sedangkan pengetahuan dan kebijaksanaan
melengkapinya. Tanpa pemahaman yang sempurna terhadap hukum sebab akibat
dan penjelmaan (pratityasamutpada), tak seorang pun dapat dikatakan
sungguh – sungguh bermoral bila ia tidak memiliki pemahaman / pengertian
dan pengetahuan yang semestinya. Dalam hal ini Buddhisme berbeda dengan
semua agama lainnya. Semua agama monoteistik diawali dengan asumsi –
asumsi tertentu, dan bilamana asumsi – asumsi ini bertentangan dengan
perkembangan ilmu pengetahuan, ia menambah kesengsaraan. Akan tetapi
Buddhisme tidak diawali oleh asumsi – asumsi. Ia berdiri di atas batu
karang yang tegar dari fakta – fakta, dan karena itu tidak pernah
menghindari cahaya kering dari pengetahuan.
--(Prof. Lakhsmi Narasu, “The Essence of Buddhism”)
Buddha Melihat Lebih Dalam daripada Kaum Idealis Modern
..
Gautama menghalau kegelapan dari bayang – bayang suatu eksistensi yang
kekal dengan suatu penjelajahan metafisik yang sangat menarik perhatian
para siswa filsafat, yang melihat bahwa hal itu melengkapi separuh
argumen yang kurang dari Bishop Berkey, seorang idealis terkenal. Hal
ini merupakan suatu
indikasi yang mencengangkan dari perenungan yang
amat halus dari orang India bahwasanya Gautama telah melihat lebih
dalam daripada kaum idealis modern terbesar. Kecenderungan dari
pencerahan pikiran sekarang ini di seluruh dunia bukanlah pencerahan
terhadap teologi, tetapi terhadap filsafat dan psikologi. Gonggongan
dari dualismeteologis sedang menyimpang menuju bahaya. Prinsip – prinsip
fundamental tentang evolusi dan monisme mulai dapat diterima oleh para
pemikir.
--(Prof. Huxley, “Evolution And Ethics”)
Revolusi Religius
..
Dua puluh lima abad yang lalu India menyaksikan suatu revolusi
intelektual dan religius yang berpuncak pada runtuhnya monoteisme,
keegoisan yang berkenaan dengan kependetaan, serta pendirian suatu agama
sintetis, dengan suatu sistem pencerahan dan pandangan yang dengan
tepatnya disebut Dhamma, Agama Filosofis.
--(Anagarika Dharmapala, “The World’s Debt to Buddha”)
Suatu Rencana untuk Menjalani Hidup
..
Buddhisme merupakan sebuah rencana untuk menjalani hidup dalam jalan
sedemikian rupa untuk memperoleh manfaat / keuntungan yang setinggi –
tingginya dari kehidupan. Ia merupakan suatu agama kebijaksanaan dimana
pengetahuan dan kecerdasan lebih berperan. Sang Buddha berkhotbah bukan
untuk mendapatkan pengikut – pengikut baru, tapi untuk menerangi para
pendengarnya.
--(Seorang Penulis Baru)
Datang dan Buktikan
..
Buddhisme adalah selalu merupakan pertanyaan tentang pengetahuan dan
pembuktian; bukan tentang kepercayaan. Ajaran Sang Buddha memenuhi
syarat sebagai Ehi-Passiko, mengundang anda untuk datang dan
membuktikan, bukannya datang dan percaya.
--(Ven. Dr. W. Rahula, “What the Buddha Taught”)
Agama bagi Manusia
..
Buddhisme akan tetap bertahan sepanjang sang mentari dan sang rembulan
masih ada dan bangsa manusia masih ada di Bumi ini, karena ia adalah
agama bagi manusia, bagi umat manusia sebagai suatu keseluruhan.
--(Bandaranaike, Mantan P.M. Srilanka)
Umat Buddha bukanlah Budak Siapa – siapa
..
Seorang umat Buddha bukanlah merupakan budak dari sebuah buku ataupun
dari seseorang. Tapi juga bukan dengan mengorbankan kebebasannya dalam
berpikir hanya karena ia menjadi seorang pengikut Sang Buddha. Ia dapat
melatih keinginannya yang bebas dan mengembangkan pengetahuannya bahkan
hingga dirinya sendiri mencapai tingkat kebuddhaan, karena semua orang
memiliki benih – benih kebuddhaan.
--(Ven. Narada Maha Thera, ‘What is Buddhism’)
Hidup dengan Prinsip
..
Buddhisme mengajarkan suatu kehidupan bukan dengan perintah, tetapi
dengan prinsip, suatu kehidupan yang indah; dan sebagai konsekuensinya,
ia merupakan suatu agama yang penuh toleransi. Ia adalah sistem yang
paling penuh toleransi di kolong langit ini.
--(Rev. Joseph Wain)
Buddhisme akan Tetap Bertahan
..
Buddhisme akan tetap bertahan seperti apa adanya meskipun bila seandainya dibuktikan kalau Sang Buddha itu tidak pernah hidup.
--(Christmas Humphreys, “Buddhism”)
Problem Modern
..
Membaca mengenai Buddhisme adalah untuk menyadari bahwa umat Buddha itu
mengetahui --pada dua ribu lima ratus tahun yang lalu --, jauh lebih
banyak tentang problem – problem psikologi modern daripada setelah
mereka diakui. Mereka mempelajari masalah – masalah ini jauh di waktu
yang lampau dan mereka telah menemukan pula jawaban – jawabannya.
--(Dr. Graham Howe)
Latihan Pikiran
..
Dewasa ini kita mendengar banyak sekali tentang kekuatan pikiran, tapi
Buddhisme adalah suatu sistem latihan pikiran yang paling lengkap dan
efektif yang tersedia hingga kini bagi dunia ini.
--(Dudley Wright)
Bangsa Baru
..
Sang Buddha menciptakan suatu bangsa manusia baru, suatu bangsa dari
para pahlawan moral, suatu bangsa dari para pekerja –keselamatan, suatu
bangsa dari para Buddha.
--(Manmatha Nath Sastri)
Pembabar (misionaris)yang Pertama
..
Buddhisme adalah agama misionaris yang pertama dalam sejarah
kemanusiaan dengan suatu pesan keselamatan yang universal bagi semua
umat manusia. Sang Buddha setelah mencapai Pencerahan / Penerangan
Sempurna, mengutus enam puluh satu siswaNya ke berbagai arah yang
berlainan dan meminta mereka untuk membabarkan Dhamma demi kesejahteraan
dan kebahagiaan umat manusia.
--(Dr. K .N. Jayatilleke, “Buddhism and Peace”)
Tiada Paksaan bagi Umat Baru
..
Bagaimanapun juga, tidak pernah cara Buddhis itu untuk menarik masuk
pengikut baru dalam artian memaksakan ide – ide dan keyakinannya
terhadap para pendengar yang enggan, sedikit ataupun banyak dengan
menggunakan berbagai tekanan atau berbagai bujukan, penipuan,
penyesatan, untuk mendapatkan pengikut terhadap pandangan seseorang.
Para misionaris Buddhis tidak pernah berlomba untuk mendapatkan pengikut
baru.
--(Dr. G. P. Malalasekara)
Fakta Realitas yang Terakhir
..
Di sini adalah perlu untuk diberikan perhatian kepada sifat unik
lainnya dari Buddhisme, yakni bahwa ia adalah satu – satunya agama dari
seorang guru agama, yang merupakan hasil dari filosofi yang konsisten,
yang dengan tegas memberitahukan kita mengenai fakta kehidupan dan
realitas yang terakhir. Buddhisme adalah suatu pedoman hidup yang
dihasilkan dari penerimaan terhadap pandangan tentang kehidupan, yang
dikatakan sebagai kenyataan yang sesungguhnya. Filsafatnya bukanlah
tanpa memperhitungkan sifat alamiah dari pengetahuan.
--(Dr. K. N. Jayatilleke,”Buddhism and Peace”)
Tiada Fanatisme
..
Dalam Buddhisme sendiri dapat diyakini bahwa ia bebas dari segala
fanatisme. Tujuan Buddhisme adalah untuk menghasilkan suatu perubahan
internal / di dalam diri setiap orang yang menyeluruh dengan suatu
penaklukan diri, karena itu bagaimana mungkin ia menggunakan kekuasaan
atau uang atau bahkan bujukan untuk suatu pencarian penganut baru yang
efektif? Sang Buddha telah menunjukan jalan menuju keselamatan, dan
jalan tersebut diserahkan kepada tiap- tiap individu untuk menentukan
apakah mereka sendiri akan mengikuti jalan tersebut atau tidak.
--(Prof. Lakshmi Narasu, “The Essence of Buddhism”)
Buddhisme dan Kepercayaan Lainnya
..
Buddhisme bagaikan telapak tangan, sedangkan agama – agama lainnya sebagai jemarinya.
--(The great Khan Mongka)
Buddhisme Bukanlah suatu Agama yang Melankolik
..
Sebagian orang berpikir bahwa Buddhisme adalah suatu agama yang suram
dan melankolik / sendu. Iatidaklah demikian; ia akan membuat penganut –
prnganutnya menjadi cerah dan gembira. Apabila kita membaca kisah –
kisah kelahiran Bodhisatva, Buddha yang akan datang, kita mempelajari
bagaimana Beliau mengembangkan kesempurnaan kesabaran dan pengendalian
diri. Hal ini akan membantu kita untuk menjadi gembira meskipun kita
sedang berada di tengah – tengah kesulitan – kesulitan besar, dengan
merasa senang terhadap kesejahteraan orang lain.
--(Ven. Gnanatiloka, seorang Sarjana Buddhis berkebangsaan Jerman)
Buddhisme dan Kesejahteraan Sosial
..
Mereka yang berpikir bahwa Buddhisme hanya tertarik pada kesempurnaan –
kesempurnaan yang mulia, moralitas yang tinggi, pemikiran yang
filosofis, dan mengabaikan berbagai kesejahteraan sosial dan ekonomi
manusia, itu adalah keliru. Sang Buddha menaruh perhatian pada
kebahagiaan manusia. BagiNya kebahagiaan tidaklah mungkin tanpa menapaki
suatu kehidupan suci yang didasari atas prinsip – prinsip moral dan
spiritual. Akan tetapi Beliau tahu bahwa menjalani kehidupan semacam itu
adalah sulit dalam kondisi – kondisi sosial dan material yang tidak
menguntungkan.
Buddhisme tidak menganggap kesejahteraan
materi sebagai suatu akhir; ia hanyalah suatu alat untuk mencapai tujuan
akhir --suatu akhir yang lebih tinggi dan lebih mulia. Akan tetapi ia
merupakan suatu sarana yang tak bisa ditawar, tak bisa ditawar dalam hal
pencapaian suatu tujuan yang lebih tinggi bagi kebahagiaan manusia.
Oleh karena itu Buddhisme mengenal syarat kebutuhan materi minimum yang
menguntungkan bagi suksesnya latihan spiritual --bahkan bagi seorang
Bhikkhu yang berlatih meditasi di suatu tempat terpencil sekalipun.
--(Ven. Dr. W. Rahula, “What The Buddha Taught”)
Teladan dari Asoka
..
Lihatlah Buddhisme, dan anda akan membaca bahwa Asoka tidak hanya
berkhotbah tentang suatu moralitas yang luhur, tetapi mempraktikkan
kekuasaan kerajaannya dalam suatu cara yang membuat malu pemerintahan –
pemerintahan modern kita dari kepercayaan – kepercayaan lainnya.
--(Geoffrey Mortimer, Seorang Penulis Barat)
Dhamma adalah Sang Hukum
..
Seluruh ajaran dari Sang Buddha dapat diringkas ke dalam satu kata :
“Dhamma”. Hukum tentang kebajikan / keadilan ini, tidak hanya ada di
dalam hati manusia akan tetapi ia juga ada di seisi alam semesta.
Seluruh semesta adalah
perwujudan atau penyingkapan dari Dhamma.
Hukum - hukum alam yang telah ditemukan oleh sains modern adalah
merupakan penyingkapan dari Dhamma.
Bila Bulan timbul dan
tenggelam, hal ini dikarenakan oleh Dhamma, karena Dhamma adalah hukum
yang terdapat di alam semesta yang membuat benda – benda bereaksi
menurut cara – cara yang dipelajari di dalam ilmu fisika, kimia,
zoologi, botani, dan astronomi. Dhamma ada di alam semesta sama seperti
halnya Dhamma ada di dalam hati manusia. Jika seseorang mau hidup dengan
Dhamma, ia akan terhindar dari kesengsaraan dan mencapai Nibbana.
--(Ven. A. Mahinda)
Penganiayaan
..
Dari agama – agama besar dalam sejarah, saya lebih menyukai Buddhisme,
khususnya dalam bentuknya yang paling awal, karena Buddhisme memiliki
paling minim unsur penganiayaan.
--(Bertrand Russel)
Penghargaan terhadap Buddhisme
..
Meskipun seseorang semula mungkin tertarik oleh keasingan /
keterpencilannya, ia dapat menghargai nilai yang sejati dari Buddhisme
hanya bila ia menilainya dari hasil yang ditimbulkan Buddhisme dalam
kehidupannya dari hari ke hari.
--(Dr. Edward Conze, Seorang Sarjana agama Buddha Barat)
Pengetahuan adalah Kunci bagi Jalan yang Lebih Tinggi
..
Tanpa kesenangan inderawi akankah hidup dapat terus bertahan? Tanpa
percaya akan keabadian / kekekalan dapatkah manusia menjadi bermoral?
Tanpa menyembah suatu Tuhan dapatkah manusia maju menuju ke kebajikan?
Dapat, jawab Sang Buddha. Akhir / tujuan ini dapat dicapai dengan
pengetahuan; pengetahuan adalah kunci menuju jalan yang lebih tinggi,
sesuatu yang berharga untuk dikejar dalam hidup ini; pengetahuan adalah
sesuatu yang mendatangkan ketenangan dan kedamaian dalam hidup ini, hal
mana menjadikan seseorang tidak merasa cemas terhadap badai – badai dari
dunia yang penuh fenomena ini.
--(Prof. Karl Pearson)
Umat Buddha yang Beruntung
..
Betapa beruntungnya umat Buddha yang rendah hati, yang tidak mewarisi
buah pikiran yang keliru tentang keadaan dari berbagai kitab suci yang
tidak bisa disalahkan (selalu dianggap benar) sejak zaman yang permulaan
sekali.
--(Ven. Prof. Ananda Kaushalyayana)
Buddhisme dan Upacara Keagamaan
..
Dengan demikian, Buddhisme adalah suatu agama personal, dan terdapat
sedikit ruang didalamnya bagi upacara ritual dan keagamaan. Suatu
perbuatan yang dilakukan dengan perenungan tentang dirinya sendiri, akan
mengkondisikan berhentinya upacara keagamaan. Sebagian besar yang
kelihatannya seperti upacara keagamaan dari Buddhisme dewasa ini, bila
dipandang secara demikian sesungguhnya bukan merupakan upacara – upacara
keagamaan.
--(Dr. W. F. Jayasuriya, “The Psychology and Philosophy of Buddhism”)
Sang Penyelamat
..
Jika Sang Buddha akan disebut sebagai seorang “Juru Selamat” yang
sepenuhnya, hal ini hanya dalam artian bahwa Beliau menemukan dan
menunjukkan Jalan menuju Pembebasan, Nibbana. Tapi diri kita sendirilah
yang harus menapaki Sang Jalan itu.
--(Dr. W. Rahula, “What The Buddha Taught”)
Tanpa Paksaan
..
Memaksa seseorang untuk percaya dan menerima suatu hal tanpa pengertian
adalah berkenaan dengan sifat politik, bukannya bersifatspiritual
ataupun intelektual.
--(Dr. W. Rahula, “What The Buddha Taught”)
Menghormati Agama – Agama Lainnya
..
Seseorang seharusnya tidak hanya menghormati agamanya sendiri dan
menyalahkan agama – agama orang lain, melainkan ia harus menghormati
agama – agama orang lain karena berbagai alasan. Dengan berlaku
demikian, seseorang telah membantu perkembangan agamanya sendiri dan
juga memberikan pelayanan kepada agama – agama orang lain. Bila
bertindak sebaliknya, ia menggali lubang kubur bagi agamanya sendiri dan
juga membahayakan agama – agama lainnya. Siapa saja yang menghormati
agamanya sendiri dan menyalahkan agama – agama lainnya, itu dilakukan
karena bakti terhadap agamanya sendiri, dengan berpikir bahwa “Aku akan
memuliakan agamaku sendiri”. Akan tetapi sebaliknya, dengan berbuat
demikian ia semakin dalam melukai agamanya sendiri. Karenanya kerukunan
adalah baik. Mari kita semua mendengarkan, dan dengan ikhlas
mendengarkan ajaran – ajaran yang dianut orang lain.
--(Raja Asoka)
Kemuliaan yang Sejati
..
Suatu agama atau suatu pedoman hidup dinilai tidak hanya dari kebenaran
yang dinyatakannya, tapi juga dari perubahan yang ditimbulkannya dalam
kehidupan para penganutnya. Sebegitu jauh bila pengujian ini diterapkan,
Buddhisme memiliki rekor pencapaian – pencapaian dalam mana kita dapat
memperoleh suatu kemuliaan yang sejati.
--(D. Valisinha, Sekjen Maha Bodhi Society, “Buddhist way of life”)
Keadaan Bawah Sadar (unconsciousness)
..
Dapat juga dikatakan bahwa India menemukan keadaan bawah sadar lebih
dulu dibandingkan dengan para psikolog Barat. Bagi mereka, keadaan bawah
sadar itu terdiri atas keseluruhan kesan – kesan yang mengendap di
dalam individu sebagai warisan dari kehidupannya yang sebelumnya /
terdahulu. Oleh karena itu, teknik Meditasi Buddhis, yang berkaitan
dengan kekuatan – kekuatan laten tersebut, merupakan suatu pendobrak /
pendahulu bagi psikoanalisis modern, bagi latihan mental autogenik, dan
lain – lain.
--(Prof. Von Glasenapp, Seorang Sarjana Jerman)
Analisa Rasional
Buddhisme merupakan satu – satunya agama besar di dunia ini yang secara
sadar dan terus terang berlandaskan kepada suatu analisa rasional yang
sistematis terhadap problem – problem kehidupan serta jalan
pemecahannya.
--(Moni Bagghee, “Our Buddha”)
Musuh Agama
..
Cuma ada sedikit apa yang disebut dogma dalam ajaran Sang Buddha.
Dengan luasnya pandangan yang sangat jarang pada masa itu dan tidak
biasa dalam masa kita ini, Beliau menolak membuat kritik yang memojokkan
kepercayaan lain. Ketidaktoleranan bagiNya merupakan musuh agama yang
paling besar.
--(Dr. S. Radhakrishnan, “Gautama The Buddha”)
Sekterianisme
..
Kebanyakan orang – orang baru yang memeluk agama – agama lainnya
dikontrol oleh Guru mereka serta dilarang membaca kitab – kitab suci,
ajaran – ajaran, majalah – majalah, buklet – buklet, dan risalat –
risalat dari agama – agama lainnya. Namun hal ini amatlah jarang terjadi
dalam Buddhisme.
--(Phra Khantipalo, “Tolerance”)
Peraturan Lima Sila
..
Kelima sila ini, menunjukkan lima arah yang penting dalam mana
pengendalian diri umat Buddha mesti dilatih. Yakni, aturan pertama
menyerukan kepadanya untuk mengendalikan nafsu amarah, yang kedua, nafsu
keinginan untuk memiliki materi, yang ketiga, nafsu keinginan akan
badan jasmani, yang keempat, ketakutan dan kebusukan hati (penyebab
ketidakjujuran), yang kelima, keinginan akan kegairahan – kegairahan
yang tak berguna.
--(Edmond Holmes, “The creed of Buddha”)
Manusia dengan Suatu Kemenangan Besar
..
Salah seorang dari para sarjana pertama yang memulai pekerjaan
menerjemahkan Literatur Pali ke dalam bahasa Inggris, adalah putra dari
seorang pastur terkenal. Tujuannya menerima pekerjaan tersebut adalah
untuk membuktikan superioritas Kristen terhadap Buddhisme. Ia gagal
dalam tugas tersebut, tetapi ia memperoleh suatu kemenangan yang lebih
besar daripada yang ia harapkan. Ia menjadi seorang penganut Buddha.
Kita tidak boleh pernah melupakan kesempatan yang membahagiakan itu yang
telah mendorong ia untuk menerima pekerjaan tersebut, dan dengan
demikian membuat Dhamma yang berharga ini dapat dinikmati oleh ribuan
orang di Barat. Nama dari sarjana besar ini adalah Dr. Rhys Davids.
--(Ven. A. Mahinda, “Blue Print of Happines”)
Nasib Manusia
..
Di atas dunia yang maha luas ini ia masih tetap bertahan hidup. Adalah
mungkin bahwa dalam hubungannya dengan sains Barat, dan diilhami oleh
jiwa sejarah, ajaran asli dari Gotama yang bangkit kembali dan
dimurnikan; masih dapat memainkan peran yang besar dalam mengarahkan
nasib manusia
--(H. G. Wells)
Sistem Parlemen Yang dipinjam dari Buddhisme
..
Mungkin sekali bahwa kecenderungan akan pemerintahan yang bersifat
otonomi, yang ditunjukkan oleh berbagai bentuk kegiatan yang bersifat
badan hukum ini, mendapat dorongan segar dari penolakan Buddhis terhadap
kekuasaan / otoritas kependetaan dan lebih jauh lagi, karena ajarannya
tentang persamaan hak seperti yang ditunjukkan oleh penolakannya
terhadap kasta. Sudah tentu kita harus berpaling kepada buku – buku
Buddhisme untuk memperhitungkan cara – cara dalam mana urusan – urusan
lembaga – lembaga pemerintahan otonomi yang dipilih oleh rakyat pada
awal mulanya itu dilaksanakan. Mungkin akan merupakan suatu kejutan bagi
banyak orang bila mengetahui bahwa dalam perkumpulan / majelis umat
Buddha di India, lebih dari 2500 tahun yang lalu, ditemukan cikal bakal
dari praktik – praktik parlementer kita dewasa ini.
Kemuliaan /martabat dari majelis tersebut dipelihara dengan mengangkat
seorang petugas khusus --cikal – bakal dari “Juru Bicara” dalam majelis
perwakilan rakyat kita. Seorang petugas kedua ditunjuk untuk mengamati
bahwa bilamana diperlukan suatu jaminan terhadap kourum --bentuk asli
dari Kepala Pengawas Parlementer, dalam sistem milik kita. Seorang
anggota yang memulai perkara melakukannya dalam bentuk suatu mosi /
usulan yang selanjutnya akan didiskusikan. Dalam kasus – kasus tertentu,
hal ini dilakukan hanya satu kali, sedangkan dalam kasus – kasus
lainnya dilaksanakan tiga kali, dengan demikian ia memelopori praktik
parlemen yang menghendaki suatu rancangan undang – undang
dibaca
tiga kali sebelum ia disahkan menjadi undang – undang. Jika perdebatan
memperlihatkan suatu perbedaan pendapat, hal tersebut diputuskan oleh
suara mayoritas, pemungutan suara dilaksanakan dengan kartu pemungutan
suara ( secara rahasia).
--(Marquess of Zetland, seorang mantan Raja muda India, “Legacy of India”)
BAB 3
Moralitas
Demokrasi
..
Buddhisme adalah suatu gerakan demokrasi, yang menjunjung demokrasi
dalam agama, demokrasi dalam masyarakat, dan demokrasi dalam politik.
--(Dr. Ambedkar)
Seorang Jenius yang Etis
..
Dalam lingkup ini Beliau memberikan pernyataan tentang kebenaran yang
bernilai abadi dan memajukan etika, bukan di India saja tetapi mencakup
umat manusia pada umumnya. Sang Buddha adalah seorang jenius yang etis
terbesar yang pernah dianugerahkan kepada dunia ini.
--(Albert Schweitzer, seorang filsuf Barat terkemuka)
Kebudayaan Dunia
..
Buddhisme telah berbuat lebih banyak bagi kemajuan peradaban dunia dan
kebudayaan yang sejati daripada berbagai pengaruh lainnya dalam sejarah
kemanusiaan.
--(H. G. Wells)
BAB 4
Toleransi – Kedamaian – Cinta Kasih
Memenangkan Kedamaian
..
Pertanyaan yang tak terelakkan yang muncul dengan sendirinya adalah,
seberapa jauh pesan agung Sang Buddha dapat diterapkan terhadap dunia –
kita dewasa ini? Mungkin ia dapat diterapkan, mungkin juga tidak; akan
tetapi bila kita mengikuti prinsip – prinsip yang disampaikan oleh Sang
Buddha, kita pada akhirnya akan memenangkan kedamaian dan ketenangan
atas dunia ini.
--(Nehru)
Kebijaksanaan adalah Pedang dan Kebodohana dalah Musuhnya
..
Tiada selembar halaman pun dalam sejarah Buddhisme yang telah diserami
oleh sinar api – api pengadilan terhadap para pembangkang, atau digelapi
oleh asap dari kota – kota para pembangkang ataupun kaum kafir yang
terbakar,atau dimerahi oleh darah korban – korban tak berdosa akibat
kebencian keagamaan. Buddhisme menggunakan hanya sebilah pedang --pedang
kebijaksanaan, dan mengenal hanya satu musuh --kebodohan. Ini adalah
pembuktian sejarah, yang tak terbantahkan.
--(Prof. Bapat, “2500 years of Buddhism”)
Tiada Kata – kata yang Tak Sedap
..
Tiada pernah terjadi dimana Sang Buddha terbakar oleh kemarahan, tiada
pernah terjadi suatu peristiwa dimana kata – kata yang tak sedap
meluncur dari bibirNya.
--(Dr. S. Radhakrishnan)
Praktik dari Kebijaksanaan dan Belas Kasih
..
Nampaknya bahwa sifat keindahan yang baik itu akan tetap muda
selamanya, duduk bersila di atas kesucian teratai dengan tangan kananNya
terangkat menasehati, memberikan jawaban dalam kedua frase berikut:
“Bila engkau berharap bebas dari penderitaan rasa takut, praktikanlah
kebijaksanaan dan belas kasih”.
--(Anatole France)
Tiada Penganiayaan
..
Tiada catatan yang saya ketahui dalam keseluruhan sejarah Buddhisme
yang panjang, melalui abad – abad yang demikian banyak, dimana para
penganutnya yang telah selama periode sedemikian panjang menduduki
kekuasaan tertinggi, melakukan suatu penganiyaan / penindasan terhadap
penganut – penganut kepercayaan lainnya.
--(Prof. Rhys. Davids)
BUDDHISME DI MATA PARA INTELEKTUAL (Bab 1 sd 4 )
Your Friend
0
تعليقات
Tags
Toleransi Agama
إرسال تعليق