Latest News

Friday, March 8, 2013

Kriteria Paus Baru Didiskusikan oleh Kardinal

Paus Emeritus Benediktus ke- XVI (Foto: Reuters)
Paus Emeritus Benediktus ke- XVI (Foto: Reuters)

VATIKAN – Para Kardinal mulai berkumpul di Vatikan untuk bersiap-siap melakukan pemilihan Paus yang baru. Mereka mulai berdiskusi tentang kriteria apa saja yang harus dimiliki pengganti Paus Emeritus Benediktus ke-XVI yang baru saja mengundurkan diri. 

Dalam pemilihan sebelumnya, proses diskusi yang dilakukan para kardinal dapat memakan waktu hingga berminggu-minggu lamanya. Namun kini para kardinal hanya memiliki waktu kira-kira satu minggu untuk melakukan diskusi tersebut. Demikian diberitakan Reuters, Senin (4/3/2013).

Hal itu terjadi karena Paus Emeritus Benediktus sempat mengeluarkan keputusan untuk mempercepat waktu dimulainya proses pemilihan Paus baru atau yang disebut juga dengan konklaf. Pada saat konklaf para kardinal tidak diperbolehkan untuk berbicara satu sama lain sehingga proses diskusi pada saat sebelum konklaf dianggap sebagai hal penting.

Paus emeritus Bendekitus mempercepat dimulainya konklaf agar Vatikan dapat segera memiliki pemimpin di tengah-tengah banyaknya masalah yang mendera Tahta Suci Vatikan saat ini. 

Vatikan kini sedang diguncang oleh skandal seks yang melibatkan para pastornya. Gereja Katolik juga harus menghadapi maslah korupsi dan perpecahan yang terjadi antara pejabat Vatikan.

Pihak Vatikan menargetkan Paus baru telah diangkat secara resmi sebelum Perayaan Paskah yang jatuh pada 29 Maret mendatang. Paus yang baru diharapkan telah dapat memimpin misa pada perayaan Hari Paskah di Vatikan.

No comments:

Post a Comment

Tags