Latest News

Friday, September 13, 2013

"INILAH DARAHKU"... Dalam Perjamuan Kudus Inilah darah perjanjain yang diadakan Tuhan (Yahwe) dengan kamu" (Kel 14:8)




"INILAH DARAHKU"... Dalam Perjamuan Kudus.Inilah darah perjanjain yang diadakan Tuhan (Yahwe) dengan kamu" (Kel 14:8)

Para nabi Israel telah menubuatkan sebuah perjanjian baru (bdk. Yer 31:31), yang akan menjadi perjanjian kekal (bdk. Yes 55:3; 61:8; Yeh 16:60; Bar 2:35).

Dengan berkorban di kayu salib, Yesus memulai pejanjian baru dan kekal itu. Sama seperti di Gunung Sinai, demikianpun di Gunung Kalvari perjanjian itu diadakan dalam darah yang menjadi smacam meterainya.Korban-korban berupa binatang, hanya menjadi suatu tanda bukti kehendak baik bagi bangsa Israel serta bukti kesungguhan hati mereka. 

Korban Yesus bukan suatu tanda melulu melainkan perjanjian yang sesungguhnya yang mempunyai akibat untuk selama-lamanya.Darah Yesus adalah darah perjanjian yang sejati (bdk. Ibr 9:9-14)

Kata-kata yang diucapkan imam dalam setiap Misa kudus pada saat konsekrasi, merupakan penggabungan kekayaan tradisi alkitabiah yang tersebar dalam berbagai nubuat para nabi dan dalam tulisan-tulisan para penyusun Injil. Kata-kata itu berbunyi sbb"Inilah piala daraKu, darah perjanjian baru dan kekal, yang akan ditumpahkan...."







No comments:

Post a Comment

Tags