Latest News

Tuesday, November 19, 2013

Kembangkan Talentamu



Kembangkan Talentamu

Yesus menceritakan tentang bangsawan yang pergi ke tempat yang jauh untuk dinobatkan menjadi raja. Sebelum berangkat, ia memanggil para hambanya untuk diberi modal usaha yang harus mereka kembalikan setelah ia pulang. Ada yang diberi 10 mina, 5 mina, 1 mina, dan masing masing harus mengembangkannya.Setelah beberapa lama tuan itu pergi, iapun kembali dan memanggil para hambanya. Orang yang menerima 10 mina dan 5 mina telah mengembangkan dan mengembalikan mina dengan baik. Iapun memuji kedua hamba itu atas kesetiaan mereka.
Hamba yang diberi 1 mina ternyata tidak mengembangkan mina yang dipercayakannya, melainkan menyimpannya. Maka tuan itu berkata kepada orang-orang yang berdiri di situ," Ambillah mina yang satu itu dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh mina." Kata mereka kepadanya, "Tuan, ia sudah mempunyai sepuluh mina." Ia menjawab, "Aku berkata kepadamu, setiap orang yang mempunyai, ia akan diberi; tetapi siapa yang tidak mempunyai, daripadanya akan diambil, juga yang ada padanya. "

Dari kisah di atas, Yesus ingin mengajarkan kita supaya mengembangkan talenta/ bakat yang telah Dia berikan secara cuma-cuma kepada kita. Kita hendaknya mempertanggung jawabkan semuanya kepada Tuhan . Tugas kita di dunia adalah mengembangkan apapun pemberian Tuhan, baik talenta, kepandaian, bakat, kemampuan, kekayaan dan lain lain..kepada Tuhan dan sesama.Memang setiap pribadi masing masing dikaruniai kemampuan, bakat yang berbeda-beda,Tuhan tidak mempersoalkan berapa besar talenta yang kita miliki, tetapi seberapa setia kita mengemban tanggung jawab yang dipercayakan kepada kita dan mendayagunakan sehingga menghasilkan buah-buah kebaikan.

Barang siapa sungguh sungguh mendayagunakan talenta yang dimiliki sebagai penghargaan atas anugerah rahmat dan berkat yang diterimanya, maka kebahagiaan hidup akan diterimanya.Sebaliknya jika tidak ada usaha untuk mengembangkan akan menghasilkan kesia-siaan, dan semua yang ada padanya akan diambil.
Marilah kita mensyukuri pemberian dari Tuhan, apapun itu bentuknya. ..kembangkanlah dalam hidup harian kita sehingga melalui kita kasih dan kebaikan Tuhan dapat dirasakan oleh sesama kita


Rabu, Pekan Biasa XXXIII, 20 Nopember 2013
Kembangkan Talentamu
Luk 19 : 11-28

Source : FB Lani Hardjono
Lani Hardjono

No comments:

Post a Comment

Tags