Latest News

Monday, January 6, 2014

Selamat Ulang Tahun Tahbisan 07 Jan 2014 Pastor Leo Sipahutar Ofmcap.







Selamat Ulang Tahun Tahbisan 07 Jan 2014 Pastor Leo Sipahutar Ofmcap.( Admin Blog Biarawan)

7 Januari 1978 ….. 36 tahun yang lampau…..
Sudah larut malam. Hampir jam 02.00 pagi. 
Semua penghuni Nagahuta sudah tidur lelap. Namun saya masih duduk menatap album tahbisanku 36 tahun yang lalu. Waktu itu, 7 Januari 1978, di gereja Santo Laurentius Pematangsiantar, saya bersama teman seangkatanku Marianus Simanullang OFMCap ditahbiskan menjadi imam oleh Uskup Agung Medan Mgr. Pius Datubara OFMCap. Sudah 36 tahun berlalu sejak peristiwa itu, peristiwa yang selanjutnya menjadikanku hidup dengan banyak tuntutan, baik dari diriku maupun dari orang lain, dan terutama dari Allah sendiri.

Saya teringat akan puisi tentang seorang imam, yang digubah oleh Michael Quoist, yang pernah saya posting di FB ini. Saya cari lagi puisi itu, dan kubaca pelan-pelan. Saya terkesan dengan bagian tertentu dari puisi itu, lalu kukutip dan kutuliskan di sini:

“Tuhan,
betapa sukar mencintai semua orang,
tanpa menghendaki seorang pun.
Betapa sukar memegang tangan seseorang,
tanpa mempertahankannya untuk diri sendiri.
Betapa sulit menginspirasi kasih sayang,
namun menyerahkan seutuhnya untukMu.
Betapa sukar menjadi tak berarti bagi diri sendiri,
agar menjadi segalanya bagi orang lain.

Betapa sukar menjadi seperti orang lain,
bersama orang lain, dan bersatu dengan mereka.
Betapa sukar untuk senantiasa memberi
tanpa berupaya menerima.
Betapa sukar mencari yang hilang
dan menjadi seseorang yang tidak dicari.

Betapa sukar menerima rahasia
tanpa pernah dapat membagikannya kepada orang lain.
Betapa sukar mendukung orang lain,
tanpa pernah, sejenak pun, didukung orang lain.
Betapa sukar menopang yang lemah,
tanpa pernah dapat bersandar pada mereka yang kuat.”


Tuhan….
Betapapun saya terkadang merasa kesepian, namun saya tetap bertekad dengan sebulat hati: saya akan terus menghidupi panggilanku sebagai seorang imam. Kutahu, Engkau akan selalu merahmati dan membantuku……

(Foto-foto: saat-saat di kala saya ditahbiskan menjadi imam 36 tahun yang lalu)


By 
Leo Sipahutar Ofmcap

No comments:

Post a Comment

Tags