Latest News

Wednesday, April 1, 2015

PERAYAAN EKARISTI PEMBARUAN JANJI IMAMAT



PERAYAAN EKARISTI PEMBARUAN JANJI IMAMAT 

Aparatur Bimas Katolik Kanwil Kementerian Agama Prov Jateng menghadiri Perayaan Ekaristi Pembaruan Janji Imamat dan Pemberkatan Minyak Krisma pada :
Hari : Selasa
Tanggal : 31 Maret 2015.
Waktu : 17.00 – 19.00 WIB
Tempat : Gereja Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci Katedral Randusari Semarang, Jl. Pandanaran No. 9 Semarang
Tema : “Evangelii Gaudium Dalam Kesaksian dan Perwujudan Gereja Papa Miskin”

Sudah menjadi tradisi setiap tahun, menjelang Perayaan Kamis Putih diadakan Perayaan Ekaristi (misa) Pembaruan Janji Imamat bersama di Gereja Katedral Randusari Semarang. Misa dipimpin secara konselebran oleh Uskup Agung Semarang, Mgr. Johannes Pujasumarta didampingi Romo Kuria dan Vikep se-KAS.

Misa dihadiri oleh para imam (pastor) Katolik di Keuskupan Agung Semarang sebanyak 283 orang dan juga ratusan umat Katolik. Dalam kesempatan ini, para pastor membarui Janji Imamat mereka. Selain pembaruan janji, ada juga pemberkatan minyak untuk pelayanan sakramen seperti minyak Krisma (sacrum chrisma) yang digunakan untuk memberkati para baptisan, tahbisan diakonat, tahbisan imamat, tahbisan uskup. Dan sakramen krisma, minyak Katekumen (oleum catecumenorum) untuk memberkati mereka yang ingin menjadi katolik (para katekumen), dan minyak untuk Pengurapan orang sakit (oleum infirmorum).

Hadir pula dalam perayaan Ekaristi ini Bapa Julius Kardinal Darmaatmadja. Dalam homilinya Mgr. Pujasumarta mengharapkan agar para Romo dalam menjalani tugas panggilannya selalu bersaksi dengan gembira agar dapat mengobarkan iman umat dengan mewartakan sukacita Injil dalam kesaksian mewujudkan gereja yang papa miskin.

Mgr. Puja (demikian panggilan akrabnya) dalam rangka Tahun Hidup Bakti juga mengenang kembali proses panggilanya sebagai imam yang diawali dari keluarga, sekolah dan lingkungan sampai ditahbiskan menjadi Uskup. Beliau juga meminta kepada kaum muda bersedia menjawab panggilan Tuhan menjadi suster, bruder, imam, perawan hidup bakti, rahib, atau anggota Serikat Sekulir agar menjadi benih-benih subur yang tumbuh dan berkembang dalam pelayanan dan panggilan, sehingga dapat bersyukur dengan pujian : “Betapa indah panggilan-Mu, Tuhan”. Semoga bermanfaat. Berkah Dalem
(Heribertus Suncoko).

Source : Bimas Katolik Kemenag Jateng


No comments:

Post a Comment

Tags