Latest News

Wednesday, March 6, 2013

"FBB RUMAH KITA BERSAMA"




“FBB  RUMAH  KITA  BERSAMA”
Br. Libert, CSA
Tanpa terasa Forum Biarawan-biarawati Kevikepan Yogyakarta tahun 2013 ini memasuki usia sekitar 14 tahun. Banyak momen dan hal-hal penting yang telah dibuat oleh FBB, semuannya tentu ingin menunjukan bahwa para biarawan dan biarawati yang student juga mau berbagi cinta dan kebersamaan di tengah kesibukan studi. Menyadari bahwa Tugas Studi  adalah tugas perutusan tarekat, maka untuk lebih mengembangkan diri dalam tugas perutusan lanjutan nanti kiranya terbentuknya forum ini sebagai salah satu langkah untuk semakin mengenal diri dan tarekat msing-masing. Kekhasan masing-masing tarekat sangat terlihat saat diadakan kegiatan kebersamaan. Misalnya; mengadakan SIKRAB yang selalu diadakan diawal tahun ajaran baru, Ziarah bersama, tamasya bersama, Seminar bersama, saling mengunjungi antar komunitas, dll. Ini berarti FBB mengajak kita untuk semakin terbuka terhadap sesama dan ingin berbagi apa yang menjadi milik kita. FBB tentu hanya mempunyai HATI untuk berbuat sesuatu yang Jitu sambil membaca tanda-tanda zaman serta berani berdiscerment. Mari kita melihat kegiatan terakhir dari FBB Kevikepan Yogyakarta ini.

Pergantian pengurus
Pada hari Minggu tanggal 10 Februari 2013, mulai pukul 06.00 para Biarawan/I mulai berdatangan dan berkumpul di AKS Tarakanita Pringwulung. sesuai perencanaan hari ini mereka akan mengadakan sebuah acara yang patut disaksikan oleh semua anggota FBB, maka tidak sedikit orang/ sekitar 90 orang, yang terbagi 3 Bus mini, pagi ini  akan menuju ke Wates. Tempat dimana terjadi pelantikan pengurus baru FBB sekaligus serah terima dari kepengurusan lama ke kepengurusan baru. Dalam hal ini Fr. Jimmy, CMM dan Dewannya (pengurus lama), lalu Fr. Jerry, OFM dan dewannya (pengurus baru). Perjalanan menuju Wates tentu sebuah perjalanan yang cukup jauh, maka  dengan penuh persaudaraan dan cinta damai perjalananpun tak terasa. Kami bertolak dari AKS sekitar pukul 07.30 dan tiba di Wates pukul 09.30. Rupanya kami sudah ditunggu oleh pengurus wilayah Santo Carolus Boromeus. mereka menyambut rekan-rekan FBB penuh perhatian dan antusias. “Sugeng rawuh suster bruder, frater da romo, Berkah Dalem”(ungkapan kekhasan umat kita). Semua peserta FBB segera masuk kapel Carolus Boromeus, karena sebentar lagi Ekaristi dan pelantikan FBB yang baru akan segera di mulai. Pada pukul 10.00 Ekaristi sucipun segera dimulai yang dipimpin oleh P. Yustin Genohon, SVD. Sebagai ganti kotbah Romo membacakan surat gembala dari Uskup Keuskupan Semarang, yang isinya sangar relevan dengan tugas yang dipercayakan kepada Fr. Jerry, OFM dan pengurus lain. Sebelum berkat penutup Fr. Jeri diberi kesempatan untuk menyampaikan sepatah dua kata sebagai tanda memulainya tugas yang baru dalam membangun dan melanjutkan tugas FBB. Dengan senang hati dan keberanian saya menerima kepercayaan iniFBB  adalah  rumah kita bersama, mari kita bahu-membahu, dan tolong-menolong untuk mendukung setiap kegiatan yang akan dibuat oleh pengurus baru. mendengar ungkapan  itu  Tepuk tanganpun melingkupi kapel St. Carolus Boromeus ini. Sukses bro…..Tak ketinggalan Fr. Jimmy sebagai ketua FBB lama juga menyampaikan unek-uneknya. Salah satu hal yang diungkapkan oleh dia adalah bahwa FBB adalah sebuah komunitas yang dapat mewarnai kehidupan kita serta bisa membuat sesuatu yang Luar biasa, karena dibalik sesuatu pasti ada sesuatu….hehehehe…Saya juga minta maaf karena masih beberapa program yang belum terlaksana, semoga pengurus yang baru dapat melanjutkan program tersebut. Setelah Ekaristi diakhiri dengan MAMIRI (makan minum ringan) yang telah disediakan oleh umat wilayah St. Carolus Boromeus. terima kasih atas kebaikan dan perhatiannya. Perjalanan dilanjutkan…

Pantai Gelagah penuh mempesona
Sekitar pukul 10.30 peserta rekreasi bertolak ke tempat yang akan dituju terakhir, yakni di Pantai Glagah. Tiga puluh menit perjalanan menuju pantai ini, pesona alam di sekitar jalan menambah semangat para rekreaasiwan/I,rasanya lega dan ciusss…bisa menikmati kembali angin  laut yang sejuk, kendatipun panas. tak lama berselang begitu turun dari Bus, santap siang sudah disajikan oleh panitia, dengan menu utama IKAN BAKAR, wah mantapppp…selamat makan teman-teman, setelah makan boleh jalan-jalan menikmati kekayaan alam ciptaan Tuhan ini. dengan catatan; tidak boleh mandi di Laut, kecuali mandi di air Payau. Kebetulan air Payau hanya selemparan batu dari tempat kami makan siang. suasana kebersamaan dan keakraban sangat nampak ketika sebagian besar peserta refresing ini boleh merasakan Perahu sampan yang bekeliling skitar air Payau tersebut. semoga menyenangkan. sekitar pukul 16.15 karena dirasa cukup refresingnya, maka peserta mulai berkumpul kembali untuk persiapan pulang. wow..jangan lupa juga dengan kekhasan kita saat sebelum pulang kita selalu berfoto bersama, sebagai tanda bahwa kita ada karena bersama. FBB dibentuk karena berkat dukungan teman-teman semua. (Foto-fotonya tunggu di Kalender 2014 ya? hahahahaha).

Penulis secara khusus mengucapkan: Selamat dan proficiat kepada pengurus FBB yang baru (Fr. Jerry, OFM, Sr. Faustin, PBHK, Br. Patris, MTB, Sr. Monna, CIJ dan Sr. Selin, OSU)

“ Senyum adalah pesan kebahagiaan yang paling cepat sampai ke HATI. Jangan menunggu bahagia untuk tersenyum, tetapi tersenyumlah untuk menjemput kebahagiaan”
“Bersyukur dapat membentuk pribadi kita untuk selalu mengandalkan Tuhan dalam hidup kita. Karena orang yang tidak tahu bersyukur adalah orang yang merasa jauh dari kasih Allah, padahal kasih Allah itu selalu ada dalam hidupnya” lalu bagaimana dengan kita pribadi?

catt: Mohon koreksi bila ada yang keliru. tks.


saat tiba di kapel St. Carolus Boromesu Wates


Serah-terima kepengurusan

Doa: Mohonn terang Roh Kudus (seperti kaul kekal)


awal datang di pantai glagah


Source :FB Libert Jehadit

No comments:

Post a Comment

Tags